Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri Jawa Timur

Bagi anda yang ingin mendalami ilmu agama Islam yang sesuai dengan akidah Ahlusunnah Wal Jamaah, di kota kediri Jawa Timur ada Pondok Pesantren Lirboyo, yang merupakan Lembaga Pendidikan Islam Salaf, Berakidah Ahlusunnah Wal Jamaah.

Pondok Pesantren Lirboyo tepatnya terletak di Barat Sungai Brantas, di lembah gunung Willis, Kota Kediri. Awal mula berdiri Pondok Pesantren Lirboyo berkaitan erat dengan kepindahan dan menetapnya KH Abdul Karim ke desa Lirboyo tahun 1910 M.
Saat ini Pondok Pesantren Lirboyo memiliki 3 Cabang
  • Pesantren Pagung Kediri
  • Pesantren Turen Malang 
  • Pesantren Bakung Blitar 

Pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo

Secara umum ada tiga pokok ciri pendidikan dalam pesantren manapun, termasuk yang berlaku di Pondok Pesantren Lirboyo. Ketiganya adalah:

1. Ta’lim 

Pemberian bekal serta pengajaran dan pengarahan pengetahuan ilmu-ilmu syariat (an sich), baik berupa ilmu alat (bahasa) guna membaca teks/nash dan juga pengajaran ilmu fikih, tafsir wa ulumuh, hadits wa ulumuh, dll.

2. Tarbiyah 

Berupa pembinaan dan pengarahan bagi pembentukan kepribadian dan sikap mental.

3. Ta’dib

Pembinaan intuisi, berupa moral dan estetika guna meningkatkan martabat kemanusiaan. Pesantren mendidik santri menjadi manusia yang saleh keagamaan juga saleh sosial.

Kalender Pendidikan 

Pondok Pesantren Lirboyo sendiri di setiap tahunnya berlangsung penuh sepanjang tahun, dengan tahun ajaran pendidikan menggunakan penanggalan Hijriah. Terbagi menjadi 2 pembekalan materi
  1. Wajib Belajar (Madrasah)
  2. Pengajian Kitab. 

Teknis Pendidikan Ponpes Lirboyo

Teknis pendidikan di Pondok Pesantren Lirboyo menerapkan 2 sistem pendidikan yang berjalan berdampingan dan padu

1. Classical (madrasah/ sekolah) 

Diterapkan sebagai pembelajaran wajib yang disesuai dengan kemampuan masing-masing santri dalam menyerap dan memahami keilmuan yang diberikan.

Bersifat wajib bagi santri-santri dengan mata pelajaran yang telah dibakukan sebagai tingkatan-tingakatan pembelajaran. Di mulai pada pertengahan bulan Syawal sampai pada akhir bulan Rajab di setiap tahunnya. Dengan masa libur 2 kali dalam 1 tahun yakni 10 hari pada bulan Maulid dan 30 hari di bulan Ramadlan.

2. Tradisional (Pengajian Kitab) 

Berupa pengajian bandongan, sorogan, diskusi/ musyawarah pendalaman masalah teks keagamaan dan bahtsul masail dengan kupas problema keagamanan terkini.

Pengajian Kitab sangat dianjurkan sebagai bekal tambahan keilmuan santri. Berlangsung sepanjang tahun di setiap tahunnya dan pada bulan Ramadlan Pesantren Lirboyo selalu mengadakan Pengajian Kilatan.

Itulah informasi mengenai Pondok Pesantren Lirboyo, untuk keterangan lebih lanjut tentang pendaftaran santri baru, bisa anda dapatkan dengan langsung mengunjungi situs resmi Ponpes Lirboyo di lirboyo.net

Baca Juga

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP